Rabu, 26 Desember 2012

Beranda » Mendapatkan Waktu Tidur Yang Baik

Mendapatkan Waktu Tidur Yang Baik

Tidur malam yang baik adalah sesuatu yang kita semua mendambakannya.  Para ilmuwan mengatakan bahwa tidur dapat menyegarkan tubuh, membantu kita tampil lebih baik, dan memberikan kontribusi secara signifikan bagi kesehatan dan kebahagiaan, terutama pada anak-anak.  Namun, ada jutaan dari kita yang menderita kekurangan tidur yang sedang berlangsung.

Menurut Asosiasi Dunia Sleep Medicine (WASM), masalah tidur telah menjadi epidemi global dengan presentasi sebesar 45 % dari populasi dunia.

Panggilan telepon dan mengirim SMS pada ponsel adalah pencuri waktu tidur yang sangat besar di kalangan remaja.  Dokter di AS menjadi sangat khawatir tentang efek ini terhadap kesehatan dan perkembangan mereka.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur yang optimal 

Pendapat para ahli bervariasi untuk menentukan persis jumlah jam tidur yang kita butuhkan untuk kesehatan yang optimal, dan ada beberapa yang menyarankan tergantung pada kebutuhan individu dan usia.  American Academy of Sleep Medicine mengatakan kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar tujuh sampai delapan jam tidur malam untuk merasa waspada dan cukup istirahat.  National Sleep Foundation juga merekomendasikan antara 7-9 jam.

Satu studi terbaru menunjukkan bahwa tidur kurang dari 6 jam dan bahkan lebih dari 9 jam bisa sama buruknya dengan tidak cukup tidur.  Anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Remaja membutuhkan setidaknya 9 jam, kata National Sleep Foundation di AS.

Kurang tidur terkait dengan diabetes , penyakit jantung, obesitas dan depresi, dan penyakit kronis lainnya. Kurang tidur juga bertanggung jawab atas berbagai kecelakaan di jalan raya, mengemudi dalam keadaan mengantuk dapat berakibat fatal dan mengemudi saat mabuk

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin membantu tidur yang berkualitas :

Tips Agar tidur nyenyak dan cukup :

  1. Hindari Banyak Minum dan Makan, sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti seorang miskin".  Makan atau minum dalam jumlah besar sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan,. Cobalah untuk makan makanan ringan setidaknya dua jam sebelum tidur, dan hindari makanan berlemak atau pedas penyebab mulas pada makanan malam Anda. 
  2. Hindari Konsumsi Alkohol pada waktu Malam 
    Alkohol dan obat penenang sebenarnya mengganggu tidur.  Bahkan dalam dosis kecil, dapat mengganggu kualitas tidur, terutama pada paruh kedua malam.
  3. Menata Kamar Tidur, Kamar yang berantakan penyebab mood tidur hilang dan saat tidur matikan lampu kamar dan tidur dalam kegegelapan.
  4. Matikan Perangkat Hiburan, perangkat teknologi sekarang efeknya sangat buruk untuk kesehatan karena mengganggu konsentrasi  tidur. Sebelum tidur matikan televisi, ponsel, komputer.


www.suakailmu.blogspot.com

Diberdayakan oleh Blogger.